STIAKIN Akan Siapkan Guru Pendidikan dan Penyuluh Agama Khonghucu

By Admin


nusakini.com, Kementerian Agama saat ini tengah membangun Sekolah Tinggi Agama Khonghucu Indonesia Negeri (STIAKIN) di Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Kepala Pusat Bimbingan dan Pendidikan (Kapusbimdik) Khonghucu, Susari menyampaikan STIAKIN akan menjadi tempat dan wadah peningkatan kualitas pendidikan Umat Khonghucu di seluruh Indonesia.

“STIAKIN di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, nantinya akan menyiapkan guru pendidikan agama Khonghucu sesuai standar dan kualifikasi,” kata Susari di depan ratusan umat Khonghucu dan Ormas, pada Rapat Kerja Pusat Bimbingan dan Pendidikan Konghucu dengan Majelis Tinggi Agama Khonghucu se-Jabodetabek Tahun 2024 di Jakarta. Sabtu, (6/7/2024).

“Di STIAKIN juga para Penyuluh Agama Khonghucu akan ditempa sesuai dengan kompetensinya. Bahkan di Kampus ini akan disiapkan para pelaku usaha dalam manajemen bisnis," sambung Susari.

Susari menyampaikan pihaknya terus akan memberikan yang terbaik bagi umat Khonghucu, dan memohon doa dan dukungan dari semua pihak untuk kelancaran dan kesuksesan Pembangunan Kampus STIAKIN di Pangkal Pinang, Bangka Belitung.

Kepala Bidang Bimbingan dan Kelembagaan Pusbimdik, Muhammad Farid Wadjdi menyampaikan bahwa kegiatan ini juga sebagai aktualisasi program Kementerian Agama sekaligus sebagai upaya peningkatan sinergitas kepada Organisasi Masyarakat Khonghucu.

Kakankemenag Kota Jakarta Utara, Kridarto menyampaikan bahwa selama ini sinergitas unit KUB Kankemenag Kota Jakarta Utara dengan umat Khonghucu sudah terjalin dengan baik. Kankemenag Kota Jakarta Utara terus mendukung geliat dan kiprah umat Khonghucu dalam setiap kegiatan utamanya dalam nmenerapkan nilai-nilai Moderasi Beragama di Tengah-tengah Masyarakat.

"Kita beraharap, semoga kiprah umat Khonghucu bisa semakin meningkat dari hari ke hari," tegas Kridarto.

Kegiatan ini dilaksanakan, selain ajang silaturahim juga untuk memantapkan konsolidasi dan peningkatan layanan umat Khonghucu di DKI Jakarta dan sekitarnya. Tampak hadir, Plt. Kakankemenag Kota Jakarta Utara, Kridarto, Kepala Pusat Bimbingan dan Pendidikan Khonghucu, Susari, Kepala Bidang Bimbingan dan Kelembagaan Pusbimdik, Muhammad Farid Wadjdi dan ratusan umat Khonghucu di DKI Jakarta. (Humas Kankemenag Kota Jakarta Utara).